Makin Mudah dan Nyaman Bayar Pajak Motor via Online


Informasi terbaru Makin Mudah dan Nyaman Bayar Pajak Motor via Online Bulan
Advertisement
Bayar Pajak Motor Online kini sering jadi pilihan sebagian masyarakat karena metodenya lebih mudah dan tak rumit. Sudah jadi rahasia umum bahwa dulu kita kerap kerepotan ketika harus membayar pajak kendaraan bermotor. Harus datang dulu ke kantor SAMSAT, sementara kisaran biayanya pun tidak diketahui dengan pasti oleh sebagian publik. Antrinya yang panjang kerap jadi alasan utama mengapa sebagian masyarakat kerap lalai atau bahkan tak begitu peduli pada urusan pajak kendaraan bermotor.

Memang ada sih jasa untuk pembayaran pajak ini dengan jaminan prosedur dan waktu yang lebih singkat. Dengan kata lain, ada calon yang membisniskan jasa pengurusan pajak kendaraan bermotor ini. Biayanya jelas lebih tinggi, meski selalu ada masyarakat yang rela mengeluarkan nilai yang ditentukan demi cepatnya pengurusan pajak kendaraan bermotornya.

bayar pajak motor online

Nah, sekarang adalah zaman yang berbeda. Kesadaran memanfaatkan teknologi mutakhir kian tumbuh pada otoritas dan sebagian masyarakat. Kalau bisa membayar pajak kendaraan bermotor dengan lebih cepat dan legal, mengapa tidak melakukannya? Ya. Layanan pajak kendaraan bermotor via online kini sedang disosialisasikan ke berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan sudah ada sejumlah provinsi yang memfasilitasi pembayaran pajak kendaraan bermotor langsung menggunakan mesin ATM. Inovasi tersebut dikembangkan bersama Dinas Pendapatan Daerah tapi masih terbatas di beberapa wilayah di Indonesia. Namun tinggal tunggu waktu saja sampai pilihan prosedur itu bisa dinikmati oleh seluruh warga Indonesia yang hendak membayar pajak kendaraan bermotor mereka.

Prosedur Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Online

Jadi, bagaimanakah prosedur pembayaran pajak kendaraan bermotor via online ini? Silakan kunjungi situs resmi E-Samsat. Masing-masing provinsi memiliki situs resmi jadi silakan sesuaikan pada keterangan wilayah yang tercantum di surat-surat kendaraan. Layanan via website ini hanya berlaku khusus untuk setiap wilayah provisi. Oleh karena itu, jangan sampai mengajukan layanan ini di wilayah provinsi yang berbeda dari keterangan di surat kendaraan.

Masuk ke situs resmi E-Samsat sesuai wilayah provinsimu, lalu isilah data-data untuk pengajuan pembayaran pajak. Rincian data ini mencakup uraian dari kota sesuai plat kendaraan, kantor Samsat, nomor polisi (plat kendaraan), kode captcha, lalu klik di tombol Cari. Habis itu muncul data dari kendaraan sesuai nomor plat dan data yang tadi diisikan. Data baru yang muncul itu bertuliskan berapa jumlah pajak yang wajib dibayarkan, dan denda (jika melewati batas waktu pembayaran pajak).

Masih dari lanjutan dari data yang baru muncul tadi, ada pilihan untuk melakukan pembayaran. Pilih tombol Ya dan langsung diarahkan pada formulir baru yang wajib diisi. Formulir ini berisikan sejumlah kolom yang wajib diisi dengan data-data valid. Harap cermati dan isi setiap kolom tersebut yang berisikan data-data:

  1. Kota
  2. Samsat
  3. Bank
  4. Layanan
  5. Kode Bayar
  6. Pengajuan Kode Bayar

Selesai mengisi semua data tersebut, langsung klik tombol Print untuk mencetaknya. Nanti akan muncul kode bayar, lengkap dengan jumlah total yang wajib dibayarkan dan alamat kantor Samsat untuk pengambilan nota pajak. Metode pembayaran yang lebih cepat atau sekali jalan saat akses situs bisa menggunakan internet banking.

Prosedur Pengambilan Nota Pajak di Kantor Samsat
Jam layanan kantor ini dimulai dari pukul 8 hingga 11 siang. Silakan membawa bukti pembayaran, serta KTP dan STNK yang semuanya harus asli alias bukan fotokopi. Langsung hampiri saja loket pembayaran sesuai antrian. Prosesnya sendiri tak lama, dan kira-kira sekitar 5 menitan.

Semakin mudah membayar pajak kendaraan motor, dan kita pun tak bakal membuang banyak waktu untuk antrian apalagi pergi bolak-balik dari rumah, tempat kerja, dan kantor SAMSAT. Sosialisasi program ini memang masih berlangsung demi kenyamanan semua warga pemiliki kendaraan bermotor. Lagipula, dengan adanya sistem pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online, berbagai masalah administratif pun akan terhindarkan. Pada dasarnya pembayaran pajak kendaraan bermotor ini tidaklah rumit. Untuk pengalaman pertama mungkin belum begitu terbiasa. Namun lama kelamaan akan merasakan manfaatnya langsung apalagi yang punya rutinitas padat sementara kantor SAMSAT hanya membuka pelayanan offline pada waktu-waktu yang terbatas. 
Advertisement