V-belt Honda Matic : Perawatan, Deteksi Kerusakan dan Daftar Harganya


Informasi terbaru V-belt Honda Matic : Perawatan, Deteksi Kerusakan dan Daftar Harganya Bulan
Advertisement
Honda merupakan salah satu brand motor dan juga mobil yang populer di Indonesia. Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena kemampuan pelayanan dan juga produk dari Honda yang memiliki kualitas yang tinggi. Tidak salah jika hampir setiap orang mempercayakan kebutuhannya akan alat transportasi pada brand yang satu ini. Akan tetapi meski Honda merupakan brand yang terpercaya dan merupakan brand yang dikenal kuat dan tahan lama, motor atau mobil dari Honda ini wajib di rawat dan diganti sparepartnya ketika sudah waktunya penggantian. 

Salah satu jenis sparepart yang paling banyak mendapatkan perhatian dari setiap motor adalah bagian penggerak rodanya, terutama untuk motor matic. Ketika kita menggunakan motor Honda baik motor Honda bebek atau motor Honda sporty, kita bisa melihat dengan jelas mengenai kondisi rantai motor Honda. Tapi untuk kasus motor matic, pemeriksaan penggerak roda dari motor ini perlu di periksa sewaktu-waktu agar aman dalam berkendara. Jika sudah waktunya anda melakukan penggantian bagian ini, berikut kami berikan daftar harga sparepart Honda untuk v-belt atau penggerak roda motor matic yang bisa kami berikan.

Mendeteksi kerusakan V-belt
Mendeteksi kerusakan V-belt
Sebelum anda mengganti v-belt anda, anda perlu mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri dari v-belt yang rusak. Selain melakukan pemeriksaan secara rutin, anda juga bisa mendeteksi v-belt untuk motor Honda matic anda ketika mengalami kerusakan. Bahkan sebelum mengalami kerusakan, anda sendiri bisa mencegahnya. V-belt atau yang merupakan kepanjangan dari van-belt merupakan sebuah belt yang digunakan untuk membantu penggerakan roda. Belt ini terbuat dari bahan karet. Bahan karet memang dikenal dengan kelenturannya. Akan tetapi bahan karet juga dikenal sebagai bahan yang tidak tahan terhadap panas. 

Oleh karena itu jika terjadi panas berlebih ia mungkin mengalami retak-retak. Retak-retak pada karet inilah yang perlu diwaspadai sebagai awal mula rusaknya v-belt. Salah satu tanda yang bisa anda perhatikan ketika v-belt anda mengalami masalah adalah suara di bagian box CVT yang makin gaduh. Jika anda mendeteksi suara yang tidak pada umumnya terjadi pada motor anda, maka salah satu cara yang paling baik adalah segera memeriksakan motor anda.


Daftar harga sparepart Honda

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ketika anda sudah mendeteksi suara yang tidak biasa pada box CVT anda, maka anda perlu segera melakukan tindakan yaitu mengganti v-belt dari motor matic anda. Penggantian v-belt sebelum v-belt putus adalah salah satu hal yang sangat penting. Mengapa? Selain mencegah motor anda tidak mau bergerak ketika berada di tengah perjalanan, v-belt yang putus dapat menyebabkan rumah roller peyang dan rusak. Dengan kata lain, jika v-belt yang anda miliki putus maka biaya yang anda keluarkan untuk merawat motor matic anda akan semakin besar. Jika anda memang ingin mengganti v-belt motor Honda yang anda miliki, maka berikut ini adalah kisaran daftar harga sparepart Honda yang bisa kami berikan.

  1. Kisaran harga V-belt untuk Honda Vario adalah sekitar Rp. 70.000 hingga Rp 90.000
  2. Kisaran harga V-belt untuk Honda Beat adalah sekitar Rp.  60.000 hingga Rp 80.000

Harga dari v-belt motor matic ini bisa berbeda-beda sesuai dengan daerah anda tinggal. Bahkan terkadang ada yang memasang harga tinggi lebih dari 100 ribu untuk harga v-belt motornya.

Mencegah v-belt motor lekas aus
harga sparepart Honda

Berdasarkan buku perawatan untuk motor Honda, v-belt motor Honda perlu diganti setiap 24 ribu hingga 25 ribu kilometer. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan v-belt mengalami kerusakan sebelum mencapai angka tersebut. Mengapa? Hal ini bisa disebabkan karena beban motor yang terlalu berat. Beban motor yang terlalu berat ini salah satunya bisa dilihat dari penggunaan ban. Ketika ban yang digunakan tidak standar atau lebih besar, maka beban dari v-belt untuk menggerakan mesin dan roda akan semakin berat. Akibatnya v-belt akan lekas aus bahkan sebelum jarak maksimal penggunaan dari v-belt tersebut. 

Jika anda ingin v-belt anda bertahan lama, maka selain memperhatikan penggunaannya anda juga perlu memperhatikan perawatannya. Anda perlu membersihkan box CVT secara rutin agar v-belt yang anda miliki dapat bertahan lebih lama. Tapi jika memang sudah saatnya mengganti v-belt, maka anda bisa mempersiapkan uang dengan jumlah yang sesuai dengan daftar harga sparepart Honda khusus v-belt Honda matic yang disebutkan sebelumnya.
Advertisement
V-belt Honda Matic : Perawatan, Deteksi Kerusakan dan Daftar Harganya | Anggi Novelanda | 5
Salah satu jenis sparepart yang paling banyak mendapatkan perhatian dari setiap motor adalah bagian penggerak rodanya, terutama untuk motor matic. Jika sudah waktunya anda melakukan penggantian bagian ini, berikut kami berikan daftar harga sparepart Honda untuk v-belt atau penggerak roda motor matic yang bisa kami berikan.